Kamis, 09 Februari 2012 |

CBG Episode 1

Kamu Harus Ke Sekolah!

Ibu       : Ayo bangun, sudah  saatnya kamu pergi ke sekolah.
Anak   : Aku tidak mau ke sekolah.
Ibu       : Tapi kamu harus sekolah.
Anak   : Aku takut teman-teman tak menyukaiku, jadi aku tak mau ke sekolah.
Ibu       : Kamu harus sekolah!
Anak   : Aku grogi banget.
Ibu       : Kamu HARUS sekolah... kamu adalah GURUNYA!

R.R Lowden & F.L Kimmel, 2008
(You Have to Go to School... You’re the Teacher)

Ini adalah kukutip dari dialog pembuka salah satu buku favoritku, dengan judul terjemahannya, Anda Harus Pengi ke Sekolah, Anda Guru!. Di antara seluruh buku strategi pembelajaran yang pernah kubaca, buku inilah yang paling menarik dan praktis.  Sejujurnya aku merasa buku-buku strategi pembelajaran – terutama yang kugunakan di bangku kuliah dulu – sangat jarang yang mengetengahkan sisi praktis yang bisa membekali para guru di kelas. Sebagian besar hanya berisi teori dan gagasan yang memenuhi otak namun cara mengaktualisasikannya hanya membuat bingung para mahasiswa. Meskipun dalam beberapa hal aku kurang sependapat dengan penulis, seperti masalah gender, kuakui buku ini betul-betul inspiratif. Jadi jika Anda juga seorang guru – baik yang sudah senior maupun yang baru menjalani praktek pengalaman lapangan – kusarankan untuk membaca buku setebal 230 halaman ini. Dengan gaya bahasa yang humoris, dalam buku ini dipaparkan lebih dari 300 strategi manajemen kelas yang akan membuat Anda benar-benar menikmati profesi sebagai guru.
For Lowden and her daughter, Felicia, it’s really a wonderful book.

0 komentar:

Posting Komentar